Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Menggunakan Software

Koneksi internet yang kita gunakan terkadang speednya naik-turun. Apalagi bagi anda pengguna internet unlimited yang dibatasi dengan quota yang terbatas dan jika quota itu habis pastinya akan mendapatkan speed yang sangat lambat.


Sebernarnya ada beberapa tips / trik untuk mempercepat koneksi internet anda. Cara ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan instalasi software.

Berikut langkah-langkah Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet.

1.            Caching. Apa itu Caching,,,,???
Pada Internet Explorer, caching dapat sangat efektif dalam banyak situasi. Caching server adalah cara pintar untuk menyimpan yang paling baru dan paling sering meminta informasi, sehingga mencegah permintaan masa depan dari melintasi WAN / link Internet tidak perlu.
Banyak web server menyimpan cap waktu update terakhir mereka untuk data, dan browser popule seperti Internet Explorer r akan memeriksa waktu yang tertera pada server host. Jika cap waktu halaman belum berubah sejak terakhir kali Anda mengakses halaman tersebut, IE akan mengambil dan menyajikan salinan tersimpan lokal dari halaman web (dari terakhir kali Anda mengakses halaman), menghemat waktu yang dibutuhkan untuk me-load halaman dari Internet.

Keuntungan dari Caching.
Banyak pendapat mengatakan ada 2 keuntungan yang di dapat dari Caching.
a.            Menjaga cache saat ini. Jika Anda mengakses halaman cache yang tidak saat ini maka Anda beresiko mendapatkan informasi lama dan tidak benar. Beberapa hal yang tidak mungkin ingin di-cache, misalnya hasil query database transaksional. Ini bukan berarti bahwa masalah ini dapat diatasi, tetapi selalu ada risiko bahwa data dalam cache tidak akan disinkronkan dengan perubahan. Saya pribadi telah menghilangkan data lama dari cache saya beberapa kali.
b.            Volume. Ada sekitar 100 juta situs Web yang ada di Internet. Setiap situs berisi atas beberapa megabyte informasi publik. Jumlah data yang mengejutkan dan bahkan skema caching cerdas tidak dapat menjelaskan variasi dalam pola penggunaan antara pengguna dan kemungkinan mereka akan menabrak sebuah halaman uncached.

2.            Protokol Spoofing
Catatan: Metode ini diterapkan ke basis data server Legacy melakukan operasi WAN. Skip tip ini jika Anda adalah pengguna rumah.
Secara historis, ada aplikasi client server yang dikembangkan untuk LAN internal. Banyak dari aplikasi ini dianggap cerewet. Misalnya, untuk menyelesaikan transaksi antara klien dan server, puluhan pesan dapat ditransmisikan ketika mungkin satu atau dua akan cukup. Semuanya baik-baik saja sampai perusahaan, karena alasan logistik dan lainnya, diperpanjang LAN mereka di seluruh dunia menggunakan link WAN untuk mengikat lokasi yang berbeda bersama-sama.
Apa spoofing protokol menyelesaikan adalah palsu keluar sisi klien atau server transaksi dan kemudian mengirim versi yang lebih kompak transaksi melalui Internet, yaitu memasukkan semua foto dalam satu amplop dan mengirimkannya atas nama Anda, sehingga menghemat ongkos kirim.
Anda mungkin bertanya mengapa tidak hanya meningkatkan inefisiensi dalam aplikasi ini cerewet daripada menulis software untuk menangani masalah ini? Pertanyaan bagus, tapi itu akan menjadi subyek dari artikel yang sama sekali berbeda tentang bagaimana organisasi TI harus berkembang dengan teknologi warisan, yang berada di luar skala pasal ini.

3.            Tampilkan teks hanya dari browser Anda
Jika Anda terjebak dengan dial up atau koneksi broadband lebih lambat, browser Anda mungkin memiliki pilihan untuk beban hanya teks. Jika Anda adalah pengguna kekuatan yang bermain game atau menonton Youtube, hanya teks jelas tidak akan berpengaruh terhadap kegiatan tersebut, tetapi akan mempercepat browsing umum dan e-mail. Halaman web Kebanyakan sarat dengan grafis yang mengambil sebagian besar beban waktu, sehingga beralih ke teks hanya akan menghilangkan grafis dan menyelamatkan Anda cukup sedikit waktu.

4.            Membuat Aplikasi
Catatan: Aplikasi yang cocok untuk korporat administrator TI dan umumnya bukan solusi praktis untuk pengguna rumahan. Pembuat aplikasi pembentuk termasuk Packeteer dan Membagikan, produk yang biasanya keluar dari kisaran harga untuk jaringan yang lebih kecil dan pengguna rumahan.

Salah satu bentuk yang paling populer dan intuitif mengoptimalkan bandwidth adalah metode yang disebut “aplikasi membentuk,” dengan alias dari “lalu lintas membentuk”, “kontrol bandwidth”, dan lain-lain mungkin beberapa dilemparkan untuk mengukur baik. Untuk manajer TI yang bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang dapat dan akan salah pada jaringan, atau CIO yang perlu untuk mengatur kebijakan penggunaan jaringan, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Jika Anda dapat membagi-up bagian / link WAN anda internet untuk berbagai aplikasi, maka Anda dapat mengontrol jaringan Anda dan memastikan bahwa lalu lintas penting memiliki bandwidth yang cukup.

Di pusat aplikasi membentuk adalah kemampuan untuk mengidentifikasi lalu lintas dengan jenis Sebagai contoh,. Mengidentifikasi antara lalu lintas Citrix, streaming audio, Kazaa peer-to-peer, atau sesuatu yang lain. Namun, pendekatan ini bukan tanpa kekurangan.

Banyak aplikasi diharapkan untuk menggunakan port internet ketika berkomunikasi di seluruh Web. Sebuah port internet adalah bagian dari alamat Internet, dan banyak produk firewall dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memblokir port atau membatasi mereka. Misalnya, “FTP” aplikasi yang umum digunakan untuk men-download file menggunakan “port 21″ terkenal. Kesalahan dengan skema ini, karena banyak operator segera mencari tahu, adalah bahwa ada banyak aplikasi yang tidak konsisten menggunakan port tetap untuk komunikasi. Banyak aplikasi penulis tidak punya keinginan untuk dengan mudah diklasifikasikan.

Pada kenyataannya, mereka tidak ingin personil TI untuk memblokir mereka sama sekali, jadi mereka sengaja merancang aplikasi untuk tidak sesuai dengan skema tugas pelabuhan formal. Untuk alasan ini, setiap produk yang bertujuan untuk memblokir atau mengubah arus aplikasi dengan port harus dihindari jika misi utama Anda adalah untuk mengontrol aplikasi menurut jenis.
Jadi, jika firewall standar tidak memadai di memblokir aplikasi dengan pelabuhan, apa yang bisa membantu?

Seperti Anda mungkin menyadari, semua lalu lintas di Internet perjalanan di dalam apa yang disebut sebuah paket IP. Sebuah paket IP dapat sangat sederhana dianggap sebagai string karakter bergerak dari Komputer A ke Komputer B. string karakter yang disebut “muatan,” mirip dengan angkutan kereta api di dalam mobil. Di bagian luar ini payload, atau data, adalah alamat di mana ia sedang dikirim. Kedua elemen, alamat dan payload, terdiri dari paket IP lengkap.

Dalam hal aplikasi yang berbeda di Internet, kita akan mengharapkan untuk melihat berbagai jenis muatan. Sebagai contoh, mari kita ambil contoh gedung pencakar langit yang diangkut dari New York ke Los Angeles. Bagaimana hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kereta barang? Akal sehat menunjukkan bahwa seseorang akan membongkar menara kantor, barang-barang ke sebagai gerbong barang sebanyak yang diperlukan untuk transportasi, dan kemudian ketika kereta tiba di Los Angeles mudah-mudahan para pekerja di ujung lainnya akan memiliki petunjuk tentang cara memasang kembali menara.

Nah, analogi ini bekerja dengan hampir semua hal yang dikirim melalui internet, hanya payload adalah beberapa bentuk data, bukan physical sebongkah batu bata, logam dan kawat. Jika kita mengirimkan dokumen Word sebagai lampiran e-mail, coba tebak, isi dokumen akan dibongkar menjadi sekumpulan paket IP dan dikirim ke klien e-mail penerima di mana itu akan kembali berkumpul. Jika saya melihat muatan dari setiap paket internet dalam perjalanan, saya benar-benar bisa melihat potongan dokumen dalam setiap paket dan bisa dengan mudah membaca kata-kata saat mereka lewat.

Di jantung semua aplikasi saat membentuk produk adalah perangkat lunak khusus yang memeriksa isi dari paket internet, dan melalui berbagai pola teknik pencocokan, menentukan jenis aplikasi aliran tertentu. Setelah aliran ditentukan, maka aplikasi membentuk alat dapat menegakkan kebijakan operator pada aliran itu.

Beberapa contoh kebijakan adalah :

Batas AIM messenger lalu lintas ke 100kbs
Cadangan 500kbs untuk Shoretell lalu lintas suara
Daftar aturan yang dapat diterapkan ke jenis lalu lintas dan aliran tidak terbatas. Namun, ada kelemahan untuk membentuk aplikasi ini

Beberapa kelemahan dengan membentuk aplikasi :

a.            Jumlah aplikasi di Internet adalah target bergerak. Aplikasi terbaik membentuk alat melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mengidentifikasi beberapa ribu dari mereka, namun akan selalu ada beberapa lalu lintas yang tidak diketahui (diperkirakan sebesar 10 persen oleh para ahli dari produsen terkemuka). Lalu lintas yang tidak diketahui dikelompokkan ke dalam klasifikasi yang tidak diketahui dan operator harus membuat keputusan selimut tentang bagaimana membentuk kelas ini. Apakah penting? Bukan? Misalkan lalu lintas penting adalah streaming audio untuk balutan Web dan tidak diklasifikasikan. Nah, Anda mendapatkan gambar. Meskipun teori di balik aplikasi membentuk menurut jenis adalah salah satu yang mulia, biaya bagi perusahaan untuk tetap up to date adalah besar dan ada retak.

b.            Bahkan jika spektrum aplikasi yang bisa benar-benar rahasia, spektrum aplikasi yang terus berubah. Anda harus menyimpan lisensi saat ini untuk memastikan Anda memiliki terbaru dalam kemampuan deteksi. Dan bahkan kemudian dapat cukup tugas untuk terus menganalisa dan mengubah kebijakan campuran pada jaringan Anda. Seperti yang mengurangi biaya bandwidth, berapa lama waktu manusia banyak harus menghabiskan waktunya hanya untuk akses Facebook dan menciptakan kebijakan yang lebih kompleks untuk lalu lintas mengoptimalkan WAN?

c.            Teknik yang digunakan dalam aplikasi telah membentuk menjadi kontroversial pada jaringan publik, dengan masalah privasi sering bertentangan dengan upaya untuk menjamin kualitas jaringan.

5.            Matikan komputer lain di dalam rumah
Untuk menghemat dan meningkatkan kinerja koneksi internet anda yang terhubung dengan komputer lain ( sharing ) sebaiknya anda putuskan koneksi komputer lain, sehingga anda sepenuhnya yang mengunakan bandwithnya.

6.            Matikan background task pada komputer Anda
Anda juga harus mencoba untuk mematikan setiap tugas Bittorrent atau latar belakang pada komputer Anda jika mengalami kesulitan ketika mencoba untuk menonton video atau membuat panggilan VOIP. Menggunakan bar tugas Anda untuk melihat apa aplikasi yang sedang berjalan dan membunuh yang tidak Anda inginkan. Meskipun ini agak drastis, Anda mungkin hanya menemukan bahwa hal itu membuat perbedaan. Anda akan terkejut apa yang berjalan pada komputer Anda tanpa Anda menyadarinya (atau ingin itu).
Bagi Anda para gamer di luar sana ini juga berarti mematikan komponen audio pada permainan Anda jika Anda tidak memerlukannya untuk colloboration. Meskipun stream audio.

7.            Test kecepatan Internet Anda
Salah satu masalah yang paling umum dengan layanan internet lambat adalah bahwa penyedia jasa internet tidak memberikan apa yang mereka telah diiklankan. Anda bisa test speed internet anda pada  speedtest.net
Sekali lagi, sementara tidak ada cara untuk meningkatkan kecepatan internet Anda yang sebenarnya tanpa upgrade layanan Anda, ini tujuh tips dapat meningkatkan kinerja dan membantu mendapatkan hasil yang lebih baik dari bandwidth yang sudah Anda miliki. Anda membayar untuk itu, sehingga Anda mungkin juga pastikan itu digunakan seefektif mungkin.

8.            Pastikan Anda tidak pada jalur akses sinyal lemah
Ada beberapa cara jalur akses dapat memperlambat koneksi Anda sedikit.
Jika sinyal antara Anda dan jalur akses lemah, Jalur akses yang akan otomatis downgrade layanan untuk kecepatan yang lebih lambat. Hal ini terjadi kepada saya sepanjang waktu. jalur akses saya terus berkedip (perlu re-boot) dan komputer saya terhubung ke tetangga dengan sinyal lemah. Kecepatan koneksi saya di AP sinyal lemah sangat variabel. Jadi, jika Anda berada di nirkabel di daerah padat penduduk, periksa untuk memastikan apa sinyal Anda terhubung.

Dengan beberapa tips di atas semoga koneksi internet anda bisa lebih cepat.

Semoga Bermanfaat…

0 komentar:

Poskan Komentar