Cara Install Windows 7 (Lengkap Dengan Gambar)

Pada posting kali ini saya akan coba share bagaimana Cara Install Windows 7. Untuk melakukan Install Window 7 caranya hampir sama dengan Cara Install Windows Vista, yang tentunya tidaklah serumit pada Versi Windows sebelumnya, seperti Window XP, Windows 2000, Windows ME, Windows 98, Windows 95, atau bahkan Windows 3.1, Dll.


Didalam proses installasi Windows 7 kita tidak lagi harus menunggu proses installasi untuk menjawab pertanyaan yang muncul saat proses installasi, karena pada Windows 7 perintah-perintah seperti, setingan Zona, Jam, Serial Number, Dll dilakukan setelah semua proses installasi selesai.

Berikut Cara Install Windows 7,dengan panduan langkah demi langkah disertai gambar dan pada tutorial ini saya menggunakan Windows 7 Ultimate :

1.            Sediakan PC / Laptop yang memenuhi syarat untuk bisa di Install Windows 7
a.            Processor Minimal Pentium Dual Core 2.0 Ghz / Intel Atom 1.6 Ghz.
b.            Memory / RAM 1GB
c.            HDD minimal 40 GB
d.            DVD-RW / DVD ROM

2.            Setelah semuanya di siapkan langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada BIOS supaya PC / Laptop Booting dari DVD, dan untuk melakukan setting pada BIOS caranya adalah Hidupkan PC / Laptop kemudian tekan Delete atau F2 kemudian pilih Booting pertama pilih DVD kemudian Save Setting Konfigurasi BIOS . (perlu diingat setiap PC / Laptop untuk setting BIOS memliki tombol yang berbeda, jadi anda sesuaikan sendiri.

3.            Masukkan DVD Instalasi, kemudian tekan sembarang tombol jika sudah ada pertanyaan apakah ingin boot dari CD or DVD dan otomatis akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


4.            Selanjutnya muncul Tampilan seperti dibawah ini.


5.            Tunggu beberapa saat muncul Tampilan seperti dibawah ini, kemudian Klik Next.


6.            Kemudian muncul ampilan seperti dibawah ini, kemudian Klik Install Now.


7.            Lalu akan muncul ampilan seperti dibawah ini, kemudian beri tanda centang pada tulisan I Accept The License Terms selanjutnya klik Next.


8.            karena anda melakukan Installasi Windows baru silahkan pilih Customs (Advanced).


9.            Pilih partisi yang akan dipakai untuk menginstal Windows 7, contoh di bawah hardisk belum di bagi-bagi kedalam beberapa partisi, jika ingin membagi kedalam beberapa partisi sebelum proses instalasi pilih Drive options (advanced) disitu kita bisa membuat, menghapus dan meresize partisi. tapi dari pada bingung untuk yang pertama kali Instalasi Windows 7 mending langsung pilih Next. Dan pembagian partisi bisa dilakukan setelah proses instalasi selesai.


10.       Dan sekarang proses instalasi mulai dari Copying Windows Files, Expanding Windows Files, Installing Features, Installing Updates,,,,, tunggu beberapa saat karena proses ini akan memakan waktu beberapa puluh menit tergantung spesifikasi komputer anda. Semakin tinggi spesifikasi semakin cepat juga proses Installasi.


11.       Setelah proses di atas selesai komputer akan otomatis Restart sendiri. kumudian muncul tampilan seperti dibawah.


12.       Setelah PC / Laptop Restart, akan muncul tampilan seperti dibawah ini, yang memberikan instruksi bahwa Installasi windows masih dalam proses Completing Installation.


13.       Tampilan selanjutnya windows akan meminta Restart lagi.


14.       Setelah Restart akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


15.       Tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian ketikkan nama user dan nama komputer, terserah apa aja, misal nama anda sendiri.


16.       Kemudian anda disuruh buat password biar komputer anda aman, atau passwordnya tidak di isi juga tidak apa-apa.


17.       Masukkan Windows Product key, biasanya ada di paket DVD installasi nya. kalo misalnya anda tidak punya poduct key nya di kosongin aja, kemudian kik Next, tetapianda cuma akan diberi kesempatan mencoba windows 7 selama 30 hari.


18.       Selanjutnya anda disuruh memilih setingan apakah Windows akan otomatis meng update sendiri atau tidak. Silahkan pilih sesuka anda.


19.       Kemudian setingan Time Zone sesuaikan dengan tempat tinggal anda, selanjutnya klik Next


20.       Tampilan dibawah ini menunjukkan bahwa proses install Windows 7 sudah selesai, dan langkah selanjutnya adalah anda harus mengecek Driver-driver Hardware PC / Laptop sudah terinstall semua atau belum, jika belum, silahkan install driver-driver hardware komputer agar Windows 7 berjalan secara maksimal, seperti driver vga, audio, chipset, network, Bluetooth, dll.


Note :

Untuk Cara Aktivasi Windows 7 supaya Windows 7 anda jadi Full Version, silahkan Lihat Disini
Untuk tutorial Cara Install Windows 8, ditunggu aja pada Postingan yang akan datang, karena Windows 8 Professional Edition akan diluncurkan Microsoft pada pertengahan tahun 2012.


Semoga Bermanfa’at…

0 komentar:

Poskan Komentar